• Sel. Mei 21st, 2024

Apel Kesiapsiagaan Bencana, Tim Kano Sat Samapta dan Sat Polair Polresta Tangerang Simulasi Evakuasi Warga

 

Punosekawan.com|| Tangerang -Wakapolresta Tangerang AKBP Leonard M Sinambela menghadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana yang digelar di kawasan danau Puspemkab Tangerang, Selasa (1/11/2022). Apel dipimpin Wakil Bupati Tangerang Madromli.

 

Apel turut diikuti personel Kodim 0510 Tigaraksa, Personel BPBD Kabupaten Tangerang, personel Satpol PP Kabupaten Tangerang, personel Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dan Basarnas.

 

“Pada apel kali ini, dilaksanakan kegiatan simulasi Penanggulangan bencana alam di Kabupaten Tangerang,” kata Leonard.

 

Dikatakan Leonard, personel Polresta Tangerang Polda Banten dan poslek jajaran harus selalu siap siaga untuk terjun pada penaggulangan bencana. Hal itu, kata Leonard, merupakan atensi Kapolresta Tangerang Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma.

 

Pada apel itu, ujar Leonard, juga diperagakan atau disimulasikan kegiatan evakuasi warga saat terjadi bencana alam. Evakuasi dilakukan oleh personel dari Sat Samapta dan Sat Polair Polresta Tangerang.

 

“Tim Kano Sat Samapta dan Sat Polair membantu warga untuk menyeberangkan dengan meniti tali yang sudah disiapkan menuju tempat yang sudah disediakan,” terang Leonard.

 

Kata Leonard, bencana pasti menimbulkan dampak sosial dan psikologis. Oleh karenanya, ia berharap adanya sinergisitas lintas instansi. Leonard melanjutkan, dalam melaksanakan proses evakuasi, dibutuhkan kebersamaan.

 

“Kami mengingatkan agar selalu dilakukan pengecekan sarana dan prasarana serta peralatan lainnya yang dimiliki untuk dioperasikan dalam penanggulangan bencana,” papar Leonard.

 

Dia melanjutkan, pelaksanaan evakuasi korban dan pembenahan atas kendala yang dihadapi dalam penanggulangan bencana harus dilakukan dengan baik dan terkoordinasi.

 

“Dan tentu harus selalu ditingkatkan kemampuan teknis dan non teknis anggota khususnya dikaitkan dengan penanganan bencana baik itu peringatan dini saat bencana maupun pasca bencana,” tandas Leonard.

 

( PS / Sandi Purwanto )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *