• Sel. Mei 21st, 2024

Diduga14 Paket Pekerjaan Pembangunan dan Rehabilitasi Pada Dinas PUPR Kab Lebak Tidak Sesuai Spesifikasi Kontrak

 

Punosekawan.com, LEBAK – DPW Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Independen Nasionalis Anti Korupsi) Provinsi Banten, melayangkan surat somasi kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lebak terkait pekerjaan konstruksi di Tahun 2021 lalu.

“Kita sudah sampaikan Somasi/Peringatan kepada DPUPR Kabupateb Lebak berdasarkan atas informasi, data dan investigasi yang kami lakukan. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK Perwakilan Provinsi Banten, pada TA. 2021 Dinas PUPR Kabupaten Lebak menganggarkan Belanja Modal Jalan sebesar Rp 181.414.652.590,00, sampai dengan 31 Desember 2021 telah direalisasikan sebesar Rp171.467.244.660,00 atau 95,07%. Realisasi belanja tersebut antara lain digunakan untuk kegiatan pembangunan dan rehabilitasi jalan kabupaten dengan mengunakan perkerasan lentur (aspal) dan/atau perkerasan kaku (beton). Kegiatan Peningkatan dan rehabilitasi jalan pada Dinas PUPR Kabupaten Lebak dilaksanakan oleh bidang Binamarga dengan Kepala bidang selaku PPK,” ungkap Ketua DPW LSM Inakor Provinsi Banten, Handi Oktavianus. Kamis (22/12/2022).

Lebih lanjut, Handi menjelaskan hasil pemeriksaan pada Dinas PUPR yang dilakukan oleh BPK bersama dengan PPK, PPTK, Inspektorat, pelaksana pekerjaan, dan konsultan pengawas.

“Di mana dari hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan terdapat pekerjaan yang diduga tidak sesuai spesifikasi kontrak terdapat kekurangan volume terpasang dan ketidaksesuaian mutu perkerasan senilai Rp 4.284.666.216,56 pada 14 paket pekerjaan dengan nilai kontrak senilai Rp118.009.000,00″. (23/12/2022).

Atas pekerjaan yang diperiksa tersebut, telah dilakukan pembayaran sebesar 100% dan telah diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Dinas PUPR,” jelasnya.

“Ini sebagai bentuk peringatan atas kondisi yang terjadi pada pelaksanaan 14 pekerjaan yang tidak sesuai spesifikasi kontrak.

Bahwa Kepala Dinas selaku Pengguna Anggaran (PA) dan PPK Kegiatan tidak maksimal melakukan fungsi pengawasan dan pengendalian pekerjaan.

Atas lemahnya fungsi pengawasan dan pengendalian tersebut mengakibatkan hasil pekerjaan tidak sesuai spesifikasi yang mengakibatkan berkurangnya kualitas hasil pekerjaan yang diduga tidak sesuai dengan standar kontruksi yang berakibat usia kontruksi menjadi berkurang dan atau mengarah pada kegagalan kontruksi,” imbuhnya, membeberkan.

Lebih lanjut, Handi menunjukan surat jawaban somasi yang pihaknya layangkan bernomor 03/SOM/LSM-Inakor/XII/2022 pada tanggal 12 Oktober 2022, terkait Pelaksanaan Pekerjaan Pembangunan dan Rehabilitasi Jalan pada Dinas PUPR.

Ada 4 poin jawaban sebagai berikut :

1. Ucapan terimakasih kepada LSM Inakor yang telah turut berpartisipasi secara aktif dalam melakukan kontrol atas kinerja Dinas PUAr Kab. Lebak untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

2. Pihak dinas telah melakukan pengawasan terhadap kegiatan tersebut melalui beberapa rangkaian (Quality Control-QC) seperti Uji Slump dan uji beton (inti core) yang dilakukan pada laboratorium independen dalam hal ini PT Inti Teknologi Indonesia Utama.

3. Sebagaimana rekomendasi BPK, Dinas PUPR Kab. Lebak telah melayangkan surat kepada pihak terkait untuk segera melakukan pembayaran atas temuan tersebut.

4. Jika hingga akhir Bulan Desember tidak dilakukan pembayaran atas temuan yang ada Dinas PUPR Kab. Lebak akan bekerjasama dengan Pengacara Negara Kejaksaan Negeri Lebak untuk melakukan panggilan kepada penyedia,” terangnya, menjelaskan Surat Balasan yang ditandatangani oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak, Irvan Suyatupika, ST, MT tertanggal 19 Desember 2022.

Untuk itu kami dari LSM INAKOR Propinsi Banten akan kita pantau dibulan Desember 2022 apakah sudah ditindaklanjuti kita akan minta tanda bukti penyetoran secara keseluruhan nya apabila tidak melunasi nya kita akan membuat surat laporan pengaduan.

(PS/SP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *