• Sab. Mei 18th, 2024

Pastikan Kesehatan Masyarakat Papua Terjamin, Satgas Pamtas Yonif 132/BS Melaksanakan Patroli Kesehatan

Punosekawan.com || Kab.Keerom – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS melaksanakan program unggulan dibidang kesehatan yakni kegiatan Patroli Kesehatan, pelaksanaan kegiatan kali ini bertempat di Kp.Wembi, Distrik Mannem, Kab.Keerom, Prov.Papua, pada Hari Kamis (02/02/2023).

 

Patroli kesehatan merupakan salah satu program unggulan Satgas Pamtas Yonif 132/BS dibidang kesehatan, kegiatan ini sudah berlangsung sejak pertama kali Yonif 132/BS menginjak kan kaki di Tanah Papua. Gagasan dicetusnya program tersebut yakni karena melihat keterbatasan fasilitas kesehatan di wilayah perbatasan Papua, jikapun ada jaraknya sangat jauh. Hal ini menjadi alasan Prajurit Bima Sakti untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut.

 

Patroli kesehatan dilakukan dalam bentuk pengobatan dari rumah ke rumah, dengan mendengarkan keluhan kesehatan dan mengobati warga di rumahnya masing-masing, hal ini sangat membantu dikarenakan tidak semua kampung dekat dengan puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya, sekaligus membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat perbatasan.

 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh Pos jajaran Satgas Yonif 132/BS, disetiap Pos sudah terdapat personel yang telah dibekali kemampuan kesehatan, Yonif 132/BS bekerja sama dengan Kesdam I/BB serta Dinas Kesehatan Kab.Kampar dalam mempersiapkan personel tenaga kesehatan masing-masing pos.

 

“Dengan adanya kegiatan ini, kami ingin memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat. Selain itu juga kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari salah satu perintah harian Kasad yakni TNI AD harus hadir ditengah masyarakat dan senantiasa menjadi solusi,” Ungkap Kapten Inf Sutan Syahril.

 

Sejauh ini masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, pelayanan kesehatan tidak hanya diberikan ketika personel datang ke kampung, tetapi masyarakat juga bisa datang langsung ke Pos terdekat yang selalu siap 24 jam untuk melayani masyarakat yang datang.

 

Mama Elisabeth (50) mengaku sangat senang serta mengucapkan terima kasih atas pengobatan yang diberikan anggota pos, “Terimah kasih bapak-bapak TNI atas kepeduliannya dalam memberikan pelayan kesehatan gratis, kami sangat terbantu dengan adanya pelayanan ini,” Ungkapnya.

 

 

(PS/Sandy Purwanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *