• Jum. Jul 19th, 2024

Pelayanan Kesehatan Dan Bakti Sosial Yonif 6 Marinir Habema Disambut Antusias Warga Kokamu

Punoaekawan.com || Kokamu Yahukimo, PenKoopsHabema – Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 6 Marinir, bagian dari Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA, secara aktif melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Opspamtas) Mobil RI-PNG, khususnya di wilayah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan. Pada hari Kamis, 27 Juni 2024, di sela-sela tugas pengamanan wilayah, Satgas Yonif 6 Marinir menyempatkan diri melaksanakan program Pelayanan Kesehatan dan Bakti Sosial terhadap para warga di Kampung Kokamu, Distrik Dekai.

 

Program Pelayanan Kesehatan dan Bakti Sosial yang digelar di hari Kamis pagi tersebut merupakan implementasi arahan Komandan Satgas Yonif 6 Marinir, Letkol Mar Rismanto Manurung. Kreativitas dan inisiatif membantu kesulitan masyarakat di daerah tugas merupakan hal positif yang terus dilakukan saat melaksanakan tugas pokok pengamanan wilayah. Upaya membantu kesulitan masyarakat ini merupakan intisari penekanan Letkol Manurung terhadap para Prajurit Satgas Yonif 6 Marinir. Dengan bekal pesan tersebut, maka para Prajurit Baret Ungu di wilayah Dekai memanfaatkan waktu pelaksanaan patroli dengan mendatangi para warga yang sedang melaksanakan Acara Bakar Batu di Gereja Nazaret Kokamu. Acara Bakar Batu tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati berdirinya tempat ibadah tersebut di Kampung Kokamu.

 

Dengan tetap mengedepankan aspek pengamanan, Tim Patroli Satgas Yonif 6 Marinir meminta ijin bergabung kepada Tokoh Masyarakat yang dituakan dalam acara tersebut, atas nama Bapak Matius Tabuni. Selanjutnya, Tim Kesehatan yang berada di tengah-tengah Tim Patroli menawarkan kepada para warga untuk dicek kesehatannya masing-masing. Ibarat pepatah “Pucuk Dicinta Ulampun Tiba”, ternyata banyak warga yang antusias ingin dicek dan dilayani kesehatannya.

 

Merespon antusiasme warga, maka Tim Kesehatan Satgas Yonif 6 Marinir dengan sigap melakukan pelayanan kesehatan, dimulai dari pengecekan dan selanjutnya memberikan pengobatan ringan kepada para warga Kokamu yang membutuhkan. Pada kesempatan itu, para Prajurit Satgas Yonif 6 Marinir juga menyempatkan pelaksanaan Bakti Sosial dengan memberikan beras dan susu gratis kepada para warga yang berkumpul di acara tersebut. Mama Angel Tabuni, mewakili para warga, mengungkapkan rasa bahagianya menjelang selesainya acara dengan berkata, “Terima kasih Bapak Tentara. Tuhan memberkati Bapak semua.”

 

“Inisiatif Satgas Yonif 6 Marinir menggelar Pelayanan Kesehatan dan Bakti Sosial di Kampung Kokamu, merupakan bentuk kepedulian TNI dalam mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua”, ungkap Panglima KOOPS HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan.

 

( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *