• Jum. Jul 19th, 2024

Pembangunan PLTS Di Ibukota Nusantara Untuk Kota Hijau

Punosekawan.com || Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) untuk mengawasi pelaksanaan pembangunan energi baru terbarukan (EBT), dalam rangka memastikan komitmen pembangunan IKN sebagai kota hijau atau green city.

 

“IKN ini kami cek apakah betul membangun dengan konsep-konsep tersebut (green city) dilaksanakan,” ujar Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto dalam keterangan yang diterima di Jakarta

 

Sugeng menegaskan bahwa pembangunan IKN dengan konsep kota pintar (smart city) dan kota hijau (green city) merupakan komitmen bersama, terlebih dalam pemanfaatan energi terbarukan sebagai bagian dari komitmen Indonesia dalam konteks net zero emission.

 

Sejauh pengamatan Komisi VII DPR RI, ujar Sugeng melanjutkan, progres tahap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN sudah berjalan sebesar 10 MW dari total target 50 MW.

 

Dalam kunjungannya, Sugeng juga mengatakan bahwa Komisi VII menyinggung soal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang dinilai pihaknya sangat penting dalam pembangunan IKN. Mengingat, hingga saat ini, total APBN yang dikeluarkan anggaran infrastruktur per 2024 sudah mencapai kurang lebih 37 triliun rupiah.

 

“Sebagaimana komitmen pemerintah bahwa pembangunan IKN akan memanfaatkan APBN 20 persen dari budget IKN Rp 466 triliun. Nah, inilah juga tadi kita menyaksikan langsung di lapangan memang telah terjadi bagaimana membangun secara masif 24 jam terus dikerjakan,” kata Sugeng.

 

Di sisi lain, Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Nusantara Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi mengatakan bahwa per 20 Juni 2024, progres pembangunan IKN sudah mencapai 84 persen. Pihaknya optimistis upacara 17 Agustus nanti dapat berjalan dengan baik.

 

“Kami optimis. Kami juga bersiap terhadap pemindahan awal September 2024 nanti, dimana akan menyambut Aparatur Sipil Negara (ASN) di ibu kota baru ini. Kami yakin semua target dapat terselesaikan dan diharapkan semua target dapat terpenuhi,” ujarnya.

 

Dalam kesempatan itu, Thomas Umbu optimistis pemindahan perdana aparatur sipil negara (ASN) dari Jakarta ke IKN di Kalimantan Timur, bisa dimulai pada September 2024. “Kami optimistis. Kami juga bersiap terhadap pemindahan awal September 2024 nanti dimana akan menyambut aparatur sipil negara di ibu kota baru ini,” katanya.

 

( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *