• Jum. Jul 19th, 2024

TNI AL Bersama Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Awak Kapal Nelayan Cilacap Yang Tenggelam

Punosekawan.com |\ Jalesveva Jayamahe – Jakarta, 9 Februari 2023 —- TNI AL yang tergabung dalam Tim Search And Rescue (SAR) gabungan terus melaksanakan pencarian terhadap kecelakaan kapal nelayan KM Gilang Putra Ramadan Jaya yang mengalami kecelakaan saat melaut di perairan Cilacap, Jawa Tengah. Tiga dari lima awak kapal berhasil diselamatkan, sedangkan dua orang lainnya masih dalam pencarian, Senin (6/2/2023).

 

Sebelumnya diinformasikan, KM Gilang Putra Ramadan Jaya pergi melaut dari pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) untuk menangkap ikan di perairan Cilacap pada Senin dini hari. Seharusnya kapal kembali ke pelabuhan PPSC sore hari, namun hingga pukul 23.00 WIB kapal belum kembali dan komunikasi terputus.

 

Sejak saat itu kapal nelayan ini dinyatakan hilang kontak, kejadian ini oleh warga kemudian dilaporkan ke Basarnas Cilacap. Setelah menerima informasi tersebut, Tim Rescue Basarnas Cilacap Bersama dengan unsur Lanal Cilacap dan Polair langsung menuju laut ke posisi yang terakhir yang dicurigai merupakan lokasi kejadian dan meminta bantuan kepada Syahbandar PPSC untuk melakukan broadcast message kepada kapal-kapal yang melintas di area tersebut untuk menginformasikan jika melihat kapal dengan ciri-ciri sesuai dengan kapal nelayan yang hilang kontak tersebut.

 

Kapal Gilang Putra Ramadhan Jaya membawa lima orang nelayan, terdiri dari empat orang warga kelurahan Tegal Kamulyan Kecamatan Cilacap Selatan dan satu orang warga Kabupaten Banyumas.

 

“Tiga personel Babinpotmar Lanal Cilacap turut bergabung dengan Tim SAR menuju koordinat yang dicurigai lokasi kejadian. Tim SAR gabungan ini dilengkapi dengan satu unit RIB dan satu unit perahu karet lengkap dengan peralatan SAR untuk mencari korban yang belum ditemukan,” jelas Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo.

 

Sekitar pukul 10.00 WIB Tim SAR gabungan tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan penyisiran. Pada pukul 10.45 WIB saat melakukan penyisiran terlihat tiga orang sedang terapung-apung di antara serpihan kapal. Melihat hal tersebut, Tim SAR gabungan langsung mendekati dan mengevakuasi ketiga korban dalam keadaan hidup, selanjutnya korban dibawa menuju Pelabuhan PPSC.

 

“Tim SAR menemukan korban tiga orang dalam keadaan hidup, satu meninggal dunia, pada pukul 12.05 WIB korban yang ditemukan berhasil didaratkan di pelabuhan PPSC dan langsung dilarikan ke RSUD Cilacap untuk penanganan lebih lanjut. Hingga saat ini Tim SAR Gabungan masih terus berusaha melakukan pencarian terhadap satu ABK yang masih belum ditemukan.” Pungkas Kolonel Sugeng

 

Dalam berbagai kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali telah menginstruksikan jajarannya agar prajurit TNI AL selalu siaga dan siap dalam merespon segala kedaruratan di masyarakat untuk melaksanakan aksi secepatnya dalam hitungan jam.

 

 

( PS/Sandy Purwanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *