• Sab. Mei 18th, 2024

Universitas Pamulang Berduka, Drs H Darsono Meninggal dunia

Punosekawan.com || Tangerang Selatan, Banten – Keluarga besar Universitas Pamulang (Unpam) berduka. Salah satu pendiri Unpam, H Darsono meninggal dunia.

Pak Darsono dishalatkan di Masjid Darul Ulum yang berada di kawasan gedung Kampus 2 Unpam Viktor, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Ratusan orang, termasuk keluarga, dosen, alumni, dan mahasiswa Unpam memadati area masjid sejak pukul 09.00 WIB.

Bendera setengah tiang juga tampak terpasang di halaman gedung sebagai tanda duka cita atas kepulangan Kepala Yayasan Sasmita Jaya itu.

Saat jenazah akan dimasukkan ke mobil ambulance, dengan muka tertunduk, tampak ekspresi sedih dari Rektor Unpam, Dr, E. Nurzaman.

Almarhum. Drs H. Darsono adalah sosok sederhana yang telah membuka akses pendidikan tinggi kepada kalangan yang beliau sebut sebagai ‘kaum marjinal’ itu kemudian dibawa untuk disemayamakan.

Pendiri Unpam Almarhum Drs H. Darsono meninggal dunia pada Jumat (30/12) dini hari. Kabar mengenai berpulangnya sosok sederhana yang memiliki concern akan akses pendidikan yang terjangkau ini datang dari pihak keluarga.

“Innalillahi wainnailaihi roijuin. Telah berpulang ke rahmatullah orang tua kita, pemimpin kita, bpk Dr (Hc) H Darsono pukul 00.00 di RSPI Bintaro. Semoga almarhum husnul khotimah.” ungkap anak almarhum.

Almarhum Drs H. Darsono Cita-cita mendirikan kampus dengan biaya terjangkau
Sebagai informasi, almarhum Drs H. Darsono merupakan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sebelum mendirikan Unpam, dalam beberapa kesempatan, ia selalu menyampaikan bahwa ia pernah menjadi buruh pembuat batu bata, Office Boy (OB), berjualan barang elektronik, dan lain-lain untuk menyambung hidup.

Pekerjaan itu beliau lakoni di Jakarta sambil menyimpan impiannya untuk mendirikan perguruan tinggi dengan biaya terjangkau. Hal itu lantaran dia melihat cukup banyak lulusan SMA yang gagal melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya karena masalah biaya. Jejak hidup almarhum Drs H. Darsono

Pada akhirnya, almarhum Drs H. Darsono menyampaikan ide tersebut kepada salah satu rekannya yang bernama Dayat Hidayat. Alhasil, mereka sepakat mendirikan Universitas Pamulang pada tahun 2000 silam. Kisah hidup almarhum saat berjuang membangun Universitas Pamulang.

Dr (Hc) H. Darsono dimakamkan siang ini Jumat (30/12) di TPU Pondok Petir, Sawangan, Kota Depok.

 

(KartykaSari/PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *