• Jum. Jul 19th, 2024

” Perjuangkan Hari Kebaya Nasional “, BNPT Gelar Parade Budaya Nusantara

 

Punosekawan.com || JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Parade Budaya Nusantara di kawasan Sarinah hingga Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2022). Kegiatan ini untuk menunjukkan kebaya adalah identitas perempuan Indonesia

 

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar menyebut bahwa kebaya saat ini sedang diperjuangkan di tingkat UNESCO. Ia pun mendukung kebaya menjadi identitas kaum perempuan di Tanah Air.

 

”Kami mendengar ibu Timnas Kebaya sedang berjuang agar kita mendapatkan predikat nominasi tunggal dari UNESCO bahwa kebaya itu adalah bagian dari budaya Indonesia, kita dukung bersama, kebaya adalah identitas kaum perempuan Indonesia,” ucap Boy, Minggu (6/11/2022). Baca juga: Ketua Umum Kebaya Foundation Tuti Roosdiono Desak Pemerintah Tetapkan Hari Kebaya Nasional.

 

Sejumlah perempuan mengikuti parade kebaya dalam kampanye Gerakan Kebaya Goes to UNESCO saat hari bebas berkendaraan bermotor atau Car Free Day, di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/11/2022). Kegiatan tersebut digelar untuk mendukung kebaya agar bisa diajukan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) ke UNESCO.

 

 

Selain itu, Boy mengungkap bahwa saat ini Timnas Kebaya juga tengah memperjuangkan Hari Kebaya Nasional agar ada satu hari khusus dalam setahun memperingati dan melestarikan budaya tersebut.”Kedua mendapat informasi juga dari Timnas Kebaya Indonesia sedang memperjuangkan Hari Kebaya Nasional yang saat ini sedang diproses, kita doakan bersama agar dari 365 hari dalam satu tahun, ada satu hari, Hari Kebaya Nasional dan mudah-mudahan ibu-ibunya bisa libur dan bisa berkebaya dan kita semuanya menyaksikan ibu-ibu berkebaya,”tuturnya ( PS/RED )

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *